Selasa, 30 Oktober 2012

Pameran Di Dunia Maya

Anda seorang fotografer? Atau Anda seorang pelukis dan seniman yang memiliki karya grafis yang hendak di pamerkan? Jika jawaban semua pertanyaan itu adalah ya, bikin saja museum atau galeri online di internet. Anda tak harus menjadi fotografer atau pelukis untuk bisa menggunakan layanan galeri online. Yang penting, Anda memiliki koleksi foto atau karya lain yang hendak dipamerkan.


Membuat galeri online sendiri sangatlah mudah. Pasalnya, berbagai situs layanan ini menyediakan fasilitas instan untuk membuat galeri online. Layanan-layanan ini banyak yang dapat digunakan secara gratis.



Gratis dan Instan
Jika berminat, Anda bisa menyewa desainer atau programmer web lalu membeli domain web dengan atau tanpa merogoh kantong (karena layanan yang gratis pun ada). Pilihan
yang gratis ini pun tak bersifat murahan. Kami menemukan sejumlah layanan pembuat portofolio dengan kualitas setara profesional. Pilihannya pun lumayan banyak.

Biasanya layanan pembuat website gratis ini bisa dimiliki hanya dengan meregistrasi diri. Selanjutnya Anda bisa memilih template tampilan yang diinginkan karena semua layanan ini memberikan beberapa pilihan tampilan web. Selanjutnya, Anda tinggal meng-upload foto dan gambar karya Anda ke akun tersebut. Beberapa layanan malah menyediakan fasilitas informasi diri, keterangan, dan kontak. Jadi pengunjung bisa menghubungi Anda jika tertarik dengan karya atau layanan Anda.

Salah satu layanan web yang dapat digunakan adalah Portfoliopen.com. Website ini menyediakan layanan untuk membuat portofolio secara instan ala blog WordPress. Maklum, CMS yang dipakai memang berbasis WordPress.Dengan membuat portofolio di sini, Anda mendapatkan galeri karya dan juga blog.

Alamat web portofolio Anda akan berwujud http:// nama-anda.portfoliopen.com. Selain instan, Anda juga mendapatkan ruang simpan karya sebanyak 3,5 GB. Themes-nya pun dapat dimodifikasi. Selain itu, situs portofolio Anda akan terintegrasi dengan Twitter, Flickr, dan social media lainnya.

Bikin Galeri Karya



Layanan lain seperti Wix (www.wix.com) menyediakan banyak pilihan template untuk beragam portofolio, dengan sejumlah kategori mulai dari fotografi, desain gratis, bahkan e-commerce. Cara membuat situs webnya mudah. Cukup dengan mengeklik-ngeklik mouse, semua bisa diatur, mulai dari template, behaviour web, animasi, teks, dan warna visual. Semuanya instan, karena pilihannya sudah disediakan. Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membuatnya. Dengan Wix.com Anda bisa membuat situs portofolio dengan tampilan profesional tanpa harus merogoh kantong. Anda bahkan bisa mendapatkan panduan pengunaannya di sini.

Sebagai langkah awal, Anda harus membuat akun di Wix. Untuk itu, cobalah kunjungi situs Wix.com, lalu klik Start Now/It's Free. Kotak Sign Up! akan muncul. Silakan nasukkan email, password, dan username yang diinginkan. Lalu klik Sign Up. Beberapa saat kemudian akun Wix sudah tercipta.

Untuk langsung membuat situs portofolio, klik tombol Create pada halaman Welcome to Wix.com. Pada pilihan Create you website, pilih template situs web yang diinginkan. Ada beberapa kategori template di sini. Klik salah satu template hingga tampilannya membesar. Lalu, klik Edit untuk mulai mengelolanya. Jika boks dialog pengenalan Wix yang muncul, silakan tutup saja. Jendela pengeditan situs memiliki panel kelola di sisi atas, bawah, dan kiri halaman.

Template yang kita pilih kali ini terdiri dari halaman Home, Portfolio, About, dan Contact. Kliklah Home dulu untuk mengelola halaman muka. Semuanya dapat diedit hanya dengan mengeklik obyek, lalu memilih Edit dari menu yang muncul. Misalnya untuk judul halaman utama, klik judul yang tersedia lalu klik Edit. Pada kotak dialog, pilih font dan ukuran huruf lalu ketikkan judul website baru. Lalu pilih warna dari menu Color.

Di halaman Home dan Portfolio Anda bisa menampilkan koleksi foto atau gambar karya. Caranya mudah. Klik gambar yang tersedia dalam template, lalu pilih Manage Photos. Untuk memasukkan foto dan gambar baru, klik Add Photo dan ikuti tahapan berikutnya
hingga foto terpampang. Foto akan ditampilkan di halaman Home atau Portfolios, sesuai lokasi yang Anda tentukan.

Anda bisa memberikan keterangan data diri pada menu About. Ketikkan keterangan diri dan layanan Anda di sini. Di Contact, Anda bisa memanfaatkan formulir kontak yang disediakan. Pengunjung web bisa mengirim pesan lewat form ini. Klik Edit Email dan masukkan alamat email agar pesan dari form dikirim ke akun e-mail Anda.

Jika sudah selesai mengelola template, simpanlah dengan mengeklik Save dan beri nama situs web Anda di kotak Save as. Lalu, klik Save. Untuk melihat hasilnya, klik tombol Preview. Anda bisa mem-publish situs ke subdomain Wix.com atau domain sendiri. Namun untuk pilihan yang terakhir, Anda harus membayar. Untuk mem-publish ke subdomain Wix.com, klik Publish, lalu pilih WIX Site.

Halaman subdomain akan ditentukan secara otomatis oleh Wix.com. Namun Anda bisa mengubah judul {title) halaman web, keyword, dan deskripsi dari halaman web ketika muncul di search engine pada halaman Settings. Jika sudah, klik Publish.

Anda juga bisa membuat museum dan galeri online di CarbonMade (www.carbonmade.com). Tampilan website.



Anda memang ditampilkan secara sederhana namun tetap menarik. Karya-karya yang diunggah dapat dikategorikans sesuai proyek atau tema yang diinginkan. Situs web Anda juga dapat diklasifikasikan di database Carbonmade yang dibagi atas sejumlah kategori seperti illustrator, fotografer, desainer web, desainer fashion, hingga fine artist.

Fasilitas untuk membuat About atau data diri tersedia sehingga Anda bisa memasukkan keterangan diri, kontak, dan juga layanan yang diberikan. Alamat website yang diperoleh adalah namaanda.carbonmade. Dalam versi gratis, pengguna bisa mengunggah 5 projects dan masing-masing bisa diisi dengan 35 karya.

Sekarang, Anda tak perlu pusing menyewa desainer web untuk membuat galeri online. Cukup dengan layanan instan dan gratis, karya Anda terpajang di mana-mana (di dunia maya, tentunya).
Layanan Pembuat Galeri Portofolio Lainnya
Behance - www.behance.net

Coroflot - www.coroflot.com

Figdig - www.figdig.com

FinalCrit - www.finalcrit.com

Krop - www.krop.com
Shown'd - www.shownd.com
VoodooChili - www.voodoochilli.net
Wee - www.weefolio.com
Zenfolio - www.zenfolio.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar