Kamis, 03 Januari 2013

Tugas Utama Profesional TI

Salah satu tantangan yang kerap dihadapi perusahaan adalah keamanan pada infrastruktur perusahaan. Pasalnya, keamanan data merupakan aset berharga bagi sebuah perusahaan. Kondisi tersebut secara tak langsung turut menciptakan sebuah tantangan dan prioritas bagi para profesional TI untuk bertanggung jawab terhadap keputusan bisnis perusahaan.


Berdasarkan survei yang dilakukan Kaspersky Lab oleh B2B International pada bulan November lalu, terdapat tiga tugas utama seorang profesional TI.


Tugas nomor satu adalah mencegah penjahat cyber memasuki jaringan perusahaan (dipilih oleh 31% responden). Tugas kedua adalah melindungi informasi atau data (dipilih oleh 27% responden). Sementara tugas ketiga adalah mengontrol penggunaan perangkat mobile (13% responden menganggap bekerja dengan MDM (Master Data Management) system adalah tugas utama di bidang TI).


Untuk itu, sangatlah penting bagi sebuah perusahaan dalam menerapkan kebijakan instalasi software pada perangkat milik perusahaan. Mengingat saat ini perkembangan malware juga perlu diwaspadai. Tak hanya itu, tren BYOD (Bring Your Own Device) dalam perusahaan juga memerlukan kebijakan tersendiri.


Smartphone dan tablet misalnya, harus bisa dikelola secara remote, sehingga akses informasi rahasia bisa diblok dan data bisa dihapus seandainya perangkat tersebut hilang atau tercuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar