Kamis, 03 Januari 2013

Lubang Kemanan di Windows 8

Microsoft telah menegaskan bahwa Windows 8 merupakan sistem operasi yang lebih aman dibanding sebelumnya. Dengan disertakannya beberapa perangkat keamanan baru dan feature yang diperbarui akan membuatnya makin sulit ditembus para peretas. Sayangnya, Microsoft sepertinya melewatkan salah satu lubang keamanan saat ditemukan sebuah celah yang memungkinkan pengguna lain untuk membuka password dengan mudah.


Seorang pengguna dengan nama samaran Reboot.pro telah menemukan cara me-reset password untuk login Windows 8 hanya dengan menggunakan bantuan dari panduan troubleshooting Windows itu sendiri dan tanpa aplikasi tambahan.
Meski tidak dijelaskan secara detail cara melakukannya, namun ditengarai bahwa cara tersebut memanfaatkan fungsi Ease of Access dan file utilman.exe dan cmd.exe dengan hak penuh sebagai administrator.

Cara tersebut memungkinkan pengguna lain mendapatkan akses penuh pada Windows 8. Jadi hanya dengan melakukan beberapa perintah, password login bisa diganti hanya dalam hitungan menit. Dan ternyata, metode tersebut bisa bekerja pula pada Windows Vista dan 7.

Ironisnya, beberapa hari lalu, Nick Psyhogeos, Wakil Presiden Microsoft, saat briefing dengan media, mengatakan bahwa Windows 8 merupakan salah satu sistem operasi yang paling aman hingga saat ini. Meski dia juga mengakui bahwa para hacker pasti terus berupaya mencari celah untuk menembus keamanan Windows 8, hanya saja kali ini hal tersebut akan lebih sulit dibanding Windows sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar