Kamis, 27 Juni 2013

Mencuci Mobil di Rumah

Mencuci Mobil Sendiri
Konon, karakter seseorang dapat dilihat dari kendaraan yang ia gunakan. Semisal, kalau mobilnya selalu bersih, orang yang memakainya memang memiliki budaya yang bersih dan disiplin.

Sebab itu, jangan biarkan mobil yang kita kendarai terlalu lama kotor. Selain mengganggu citra kita, kotoran akan menghamabat kinerja mesin.

Mobil yang dibersihkan secara teratur akan lebih awet. Cara paling mudah membersihkan mobil, ya, dengan membawanya ke jasa cuci mobil. Dengan cara ini, kita harus mengeluarkan biaya tambahan yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk keperluan lain.

Selain itu, bila jasa yang kita pilih asal-asalan, dikhawatirkan finish cat akan tergores  lapisan wax. Begitu lapisan finish rusak, bodi mobil kita akan mudah korosi. Nah, mencuci mobil di rumah menjadi langkah terbaik.

Untuk mencuci mobil dirumah, kita membutuhkan lap katun yang bersih dan lembut, atau sarung tangan yang khusus untuk mencuci mobil. Jangan menggunakan sembarang kain lap karena dapat menggores permukaan mobil kita.

Cucilah mobil di tempat yang teduh dan landai agar airnya lebih cepat mengalir dan mobil lekas kering. Deterjen yang digunakan harus khusus untuk mobil dan kita wajib mengikuti cara pemakaiannya.

Bagian pertama yang harus dicuci adalah velg. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian. Bila terdapat noda kotoran yangmenempel, kita bisa menggosoknya dengan sikat yang lembut secara perlahan. Bersihkan juga bagian kolong dan sela-sela velg.

Setelah itu, kita bisa mencuci bagian tubuh mobil dengan menyemprotkan air ke seluruh permukaannya, dari atas hingga bawah. Dianjurkan menggunakan penyemprot air berbentuk pistol yang bisa diatur intensitas semprotannya. Tak perlu kencang saat emnyemprotkan air sebab malah akan mendorong kotoran masuk kedalam lapisan finish.

Bila mobil telah bersih, untuk mengeringkannya kita bisa memakai lap katun yang bersih dan kering. Letakkan lap dipermukaan yang hendak dikeringkan, diamkan sesaat agar lap itu menyerap air. Kemudian gunakan lap lain yang masih kering dan lakukan cara yang sama untuk menyerap air yang tersisa. Mengusap permukaan mobil tidak dianjurkan karena risiko tergores cukup tinggi.

Terakhir, buka semua pintu mobil, kap mesin, dan bagasi untuk mengeringkan air yang menetes kedalam. Untuk membersihkan kotoran didalam kabin, bisa digunakan penyedot debu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar