Minggu, 06 Oktober 2013

Proposal Skripsi

Proposal Skripsi
Membangun Server Jaringan VoIP Berbasis Open Source
dengan Otomatisasi Registrasi Pengguna Berbasis Web

Nama  : Robiana Weda Asmara
NPM    : 19112012
Kelas   : 5 KA 32

Pengajuan Topik dan Judul
Topik  : Jaringan VoIP dan Web Otomatisasi Registrasi
Judul   : Membangun Server Jaringan VoIP Berbasis Open Source dengan
Otomatisasi Registrasi Pengguna Berbasis Web

1.    LatarBelakang
Teknologi dunia telekomunikasi pada saat ini berkembang dengan sangat pesat dan inovatif, sehingga membawa perubahan yang signifikan dalam sistem aplikasinya. Salah satu dari teknologi telekomunikasi yang terus berkembang dewasa ini yaitu VoIP. VoIP (Voice Over Internet Protocol) merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara dalam jarak yang cukup jauh melalui media internet atau dalam suatu sistem jaringan. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket–paket data.

VoIP sangat memungkinkan terus berkembang dan dapat diaplikasikan dalam masyarakat mengingat pada saat ini internet telah berkembang luas di masyarakat, sehingga untuk mengaplikasikannya tidaklah terlalu sulit. Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat–syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung dalam suatu jaringan internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan microphone. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP antara satu dengan yang lainnya.
Kualitas layanan dari protokol persinyalan tersebut sangat menentukan kualitas komunikasi antar pengguna VoIP. Semakin baik kinerja protokol persinyalan VoIP maka akan sejalan dengan semakin baik pula kualitas komunikasi antar pengguna layanan komunikasi VoIP. Kualitas layanan pada protokol persinyalan ini harus mampu dipertahankan pada kondisi terbaik dan meminimalisasi gangguan–gangguan teknis guna menjaga komunikasi tetap berjalan dengan baik dan mampu memberikan kepuasan dan kenyamanan pada para penggunanya.
Perkembangan teknologi internet juga tidak lepas dari aplikasi web yang sejak kemunculannya sangat membantu dalam kemudahan serta kecepatan pengiriman, penyampaian dan penerimaan informasi. Aplikasi web dengan segala kelebihannya sangat cocot untuk melakukan otomatisasi registrasi terhadap server VoIP karena pengguna bebas untuk melakukan registrasi dimana dan kapan saja.

2.    Rumusan dan Batasan masalah
Berdasarkan judul skripsi yang akan dibuat, maka permasalahan yang muncul adalah :
a.    Bagaimana merancang server jaringan VoIP berasis Open Source.
b.    Bagaimana melakukan implementasi server jaringan voip berbasis open sorce dengan software asterisk.
c.    Bagaimana menguji server jaringan VoIP berbasis Open Source.
d.    Bagaimana merancang otomatisasi registrasi pengguna berbasis Web.
e.    Bagaimana melakukan implementasi otomatisasi registrasi pengguna berbasis Web.
f.     Bagaimana menguji Otomatisasi Registrasi pengguna

3.    Tujuan
a.    Membangun server IP PBX untuk menyambungkan klien-klien yang berada pada LAN (Local Area Network) IP PBX dan menyambungkan pengguna layanan VoIP yang ada di luar LAN IP PBX dengan klien IP PBX itu sendiri agar bisa saling berkomunikasi menggunakan teknologi VoIP (Voice Over Internet Protocol).
b.    Membuat Website otomatisasi registrasi untuk klien-klien yang ingin mendapatkan layanan VoIP yang terintegrasi pada server Voip

4.    Tinjauan Pustaka
VoIP (Voice Over Internet Protocol) yang disebut juga internet Telephony merupakan teknologi yang menawarkan solusi telepon melalui jaringan paket (IPNetwork). Diprediksi teknologi tersebut akan terus berkembang karena kualitas media transmisi semakin baik (kabel UTP, coaxial, dan fiber optik),selain itu semakin berkembangnya teknologi kompresi data atau pemrosesan data yang semakin berkembang yang mendukung teknologi VoIP tersebut.
Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan diubah.
Dari wacana yang telah disebutkan dapat diprediksikan bahwa telepon berbasis VoIP akan menjadi telepon masa depan yang akan sukses berkembang dan akan diproduksikan secara massal dan tentunya akan sangat berguna sekali untuk masyarakat luas. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang Ethernet dan IP Address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX.
Salah satu aplikasi yang dapat diterapkan pada teknologi VoIP adalah IPPBX (Internet Protocol Branch Exchange) atau pada teknologi PSTN (PublicSwitching Telephone Network) masyarakat umum mengenalnya dengan nama PABX (Private Automatic Branch Exchange).
Pada aplikasinya IP PBX digunakan untuk menyambungkan pengguna layanan VoIP yang ada di dalam atau di luar jaringan lokal IP PBX dengan klien yang berada pada jaringan lokal IP PBX.
Pada saat pengguna layanan VoIP yang ada di luar jaringan lokal IP PBX ingin menghubungi klien yang ada di jaringan lokal IP PBX kemudian IP PBX secara otomatis akan memerintahkan pengguna yang ada di luar jaringan lokal IPPBX untuk memasukan nomor ekstensi klien yang ada di jaringan lokal IP PBX tersebut, jika klien yang berada di jaringan lokal IP PBX pada berstatus aktif maka secara otomatis IP PBX tersebut akan menghubungkan pengguna layanan. VoIP di luar jaringan lokal IP PBX dengan kliennya tersebut.
IP PBX dapat juga digunakan untuk menyambungkan jaringan teleponVoIP dengan jaringan telepon PSTN menggunakan interface card yang memilikiport FXO (Foreign Exchange Office), namun pada laporan proyek tugas akhir ini penulis tidak membahasnya.
Dalam membuat website kita harus merencanakan dahulu apa tujuan dari pembuatan website ini. Informasi-informasi apa yang akan diberikan dan kepada siapa informasi-informasi tersebut dituju. Macromedia Dreamweaver adalah salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk mendesain website yang lebih kreatif. Anda dapat membuat sebuah site yang komplit. Untuk mendapatkan hasil lebih bagus, anda harus mendesain dan merencanakan wesite anda lebih dahulu untuk tiap-tiap halaman site yang ada. Ketika memulai merencanakan membuat website, anda diharapkan melakukannya secara bertahap dan terencana untuk memastikan situs anda baik dan berhasil walaupun anda hanya akan membuat homepage pribadi yang hanya akan dilihat dan dikunjungi oleh teman dan keluarga anda. Bagi anda seorang staff pengajar situs pribadi anda bisa digunakan untuk memberikan informasi dan layanan ajar online untuk mahasiswa anda.

5.    Metode Penelitian
Dalam penyusunan penulisan skripsi ini, penulis melakukan penelitian dengan metode eksperimen dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Metode pertama yang digunakan penulis yaitu perencanaan. Penulis merencanakan pembuatan server jaringan VoIP berbasis open source dan otomatisasi registrasi pengguna berbassis web, bertujuan agar pengguna dapat menerima layanan VoIP.
b.    Metode analisa, penulis mengumpulkan informasi apa saja yang di perlukan dalam membangun server jaringan VoIP dan membuat Website otomatisasi registrasi dengan cara mempelajari buku-buku serta literature-literatur yang berhubungan dengan pembahasan dalam penulisan ini.
c.    Perancangan server jaringan VoIP dengan menggunakan software asterisk dan Linux Debian serta perancangan website otomatisasi registrasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan text Editor Adobe Dreamweaver CS5
d.    Testing dan Implementasi server jaringan VoIP dan Website aplikasi otomatisasi registrasi pengguna melalui LAN (Local Area Network).

6.    Daftar Pustaka
Buku :
[1] Raharja, Anton, dkk. Administrasi Jaringan Linux, 2001.
[2] Meggelen, Jim Van dkk. “Asterisk: The Future of Telepony 2nd “, 2007.
[3] Purbo, Onno W. Jaringan Wireless di Dunia Berkembang, Andi, Yogyakarta, 2011.
Internet:
[4] http://opensource.telkomspeedy.com/wiki, Maret, 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar